SELAMAT DATANG DI BLOG YONIF LINUD 432/WSJ ------------- SELAMAT DATANG DI BLOG YONIF LINUD 432/WSJ ------------- SELAMAT DATANG DI BLOG YONIF LINUD 432/WSJ
SEJARAH SINGKAT YONIF LINUD 432/WSJ KOSTRAD
Kostrad dilahirkan saat Indonesia sedang sibuk-sibuknya melakukan pembebasan Irian Barat (Papua) dari tangan Belanda. Kala itu, ia diberi nama Korps Tentara I/Tjadangan Umum Angkatan Darat (Korra I/Tjaduad), yang terdiri dari Divisi Infanteri Korra I/Tjaduad dan Brigade Infanteri 3/Para. Tujuan pembentukannya tidak lain sebagai pasukan tempur ’cadangan’ yang selalu siap jika diperlukan. Sebab, menurut perhitungan militer di masa itu dalam sebuah organisasi tempur diperlukan kesatuan-kesatuan tempur cadangan yang belum terikat dalam penugasan tempur tertentu. Berkaitan dengan itu, Kepala Staf TNI Angkatan Darat RI Jenderal TNI Abdul Haris Nasution tanggal 27 Desember 1960, kemudian menetapkan pembentukan Tjaduad dengan Surat Keputusan No 1067/12/1960, yang dilanjutkan dengan SK Men/Pangab tahun 1961 tadi. Sekitar dua tahun kemudian, tepatnya 15 Agustus 1963, Korra I/Tjaduad secara resmi dilebur menjadi Kostrad. Yakni berdasarkan Surat Keputusan Men/Pangab No KPTS 178/2/1963 yang dikeluarkan tanggal 19 Februari 1963. Di masa itu ditetapkan bahwa Markas Komando Kostrad adalah markas komando utama (kotama) pembinaan dan operasi. Tugas pokoknya adalah membina kesiapan operasi atas segenap jajaran komandonya, serta menyelenggarakan operasi pertahanan keamanan tingkat strategik sesuai dengan kebijakan Panglima ABRI. Setelah operasi pembebasan Irian Barat (Papua), pasukan Baret Hijau tersebut dapat dikatakan tak penah absen untuk operasi militer lainnya, seperti penumpasan G-30S/PKI, Trisula, Penumpasan Pasukan Gerilya Rakyat Serawak (PGRS) atau Pasukan Gerilya Rakyat Kalimantan Utara (Paraku), dan operasi Seroja di Timor Timur. Sedangkan untuk tingkat internasional, Kostrad terlibat dalam pasukan penjaga perdamaian PBB di berbagai belahan dunia.

TERJUN TAKTIS , TERJUN PENYEGARAN DAN TERJUN BEBAS MILITER


Pada Tahun 2009 yang lalu, penyelenggaraan latihan terjun, dapat dilaksanakan secara ideal, ditinjau dari waktu pelaksanaannya, yakni terjun penyegaran (Jungar) dan Terjun taktis (Juntis) tidak secara bersamaan namun pada waktu yang berbeda dimana Jungar dilaksanakan pada akhir Semester I dan Juntis pada semester II.
Dan pada Tahun 2009 yang pula, menjadi lebih istimewa dengan dirangkaikannya kegiatan Juntis dan Jungar terjun bebas militer (TBM) dalam perayaan ulang tahun Brigif Linud 3 ke 22 yang dilaksanakan pada tanggal 10 Desember 2009, dengan Inspektur Upacara adalah Komandan Brigif Linud 3, Kolonel Inf Tatang Sulaiman.
Pelaksanaan Upacara perayaan Ulang tahun adalah di daerah penerjunan tepatnya di stop drop (panel tutup) yang juga menjadi titik pendaratan bagi Jungar TBM, sehingga kegiatan latihan tersebut juga menjadi demonstrasi kemampuan prajurit Lintas Udara. Kegiatan diawali dengan pelaksanaan Jam “P” Juntis Yonif Linud 432 sebanyak 420 peterjun dipimpin langsung oleh Komandan Yonif Linud 432 WASPADA SETIA JAYA, Letkol. Inf Jannie Siahaan, dilanjutkan dengan tahap perebutan sasaran dan pembentukkan pertahanan tumpuan udara, kemudian dilanjutkan dengan terjun bebas militer (TBM) dan upacara hari ulang tahun Brigif Linud 3. Kegiatan tersebut juga menjadi sarana kontak dengan masyarakat, karena dapat ditonton bebas oleh masyarakat sekitar daerah penerjunan. Sehingga diharapkan hasil yang dapat diperoleh dari seluruh rangkaian kegiatan ini adalah tetap terpeliharanya kemampuan Prajurit Lintas Udara dan tetap terpeliharanya kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

wah mantap prajurit KOSTRAD BL-3,kbetulan kami jg tergabung dlm terjun bebasnya,SKYDIVERS KARIANGO.

IRBUD mengatakan...

Minta maaf Ijin memberikan Komen.Menarik sekali terjun payung ini, memang setiap personel TNI (AD) harus memiliki keterampilan untuk melakukan terjun Payung.
(Berminat untuk beli pisau Rambo 3,barangkaii komandan tertarik dan bisa membantu pengrajin Indonesia untuk bangkit)
Jika berminat lihat blog sederhana http://macampisau.blogspot.com/

Posting Komentar

 
Design Template By Candra KPS @ 2008