SELAMAT DATANG DI BLOG YONIF LINUD 432/WSJ ------------- SELAMAT DATANG DI BLOG YONIF LINUD 432/WSJ ------------- SELAMAT DATANG DI BLOG YONIF LINUD 432/WSJ
SEJARAH SINGKAT YONIF LINUD 432/WSJ KOSTRAD
Kostrad dilahirkan saat Indonesia sedang sibuk-sibuknya melakukan pembebasan Irian Barat (Papua) dari tangan Belanda. Kala itu, ia diberi nama Korps Tentara I/Tjadangan Umum Angkatan Darat (Korra I/Tjaduad), yang terdiri dari Divisi Infanteri Korra I/Tjaduad dan Brigade Infanteri 3/Para. Tujuan pembentukannya tidak lain sebagai pasukan tempur ’cadangan’ yang selalu siap jika diperlukan. Sebab, menurut perhitungan militer di masa itu dalam sebuah organisasi tempur diperlukan kesatuan-kesatuan tempur cadangan yang belum terikat dalam penugasan tempur tertentu. Berkaitan dengan itu, Kepala Staf TNI Angkatan Darat RI Jenderal TNI Abdul Haris Nasution tanggal 27 Desember 1960, kemudian menetapkan pembentukan Tjaduad dengan Surat Keputusan No 1067/12/1960, yang dilanjutkan dengan SK Men/Pangab tahun 1961 tadi. Sekitar dua tahun kemudian, tepatnya 15 Agustus 1963, Korra I/Tjaduad secara resmi dilebur menjadi Kostrad. Yakni berdasarkan Surat Keputusan Men/Pangab No KPTS 178/2/1963 yang dikeluarkan tanggal 19 Februari 1963. Di masa itu ditetapkan bahwa Markas Komando Kostrad adalah markas komando utama (kotama) pembinaan dan operasi. Tugas pokoknya adalah membina kesiapan operasi atas segenap jajaran komandonya, serta menyelenggarakan operasi pertahanan keamanan tingkat strategik sesuai dengan kebijakan Panglima ABRI. Setelah operasi pembebasan Irian Barat (Papua), pasukan Baret Hijau tersebut dapat dikatakan tak penah absen untuk operasi militer lainnya, seperti penumpasan G-30S/PKI, Trisula, Penumpasan Pasukan Gerilya Rakyat Serawak (PGRS) atau Pasukan Gerilya Rakyat Kalimantan Utara (Paraku), dan operasi Seroja di Timor Timur. Sedangkan untuk tingkat internasional, Kostrad terlibat dalam pasukan penjaga perdamaian PBB di berbagai belahan dunia.

PROFIL SINGKAT YONIF LINUD 432/WSJ KOSTRAD KARIANGO


PROFIL SINGKAT YONIF LINUD 432/WSJ KOSTRAD
Pada tahun 1980 telah berdiri komplek militer di daerah kariango kabupaten maros,Sulsel. Sejak saat itu komplek tersebut menjadi kesatrian mako grup 3 kopassandha. Kemudian pada tangggal 6 maret 1985 di keluarkan pimpinan ABRI tentang penyederhanaan organisasi TNI AD sehingga detasmen tempur 33 sema dengan satuan yang lain di bawah BRIGADE INFANTERI LINTAS UDARA 3/TBS ,seperti yonif linud 431/SSP dan yonif linud 433/JS. Arti tulisan”WASPADA SETIA JAYA” antara lain WASPADA: memiliki kesiap siagaan yang tinggi agar tidak terdadak, penuh antisipasi ke depan, sehingga selalu siap melaksanakan tugas setiap saat dengan kesiapan jasmani dan rohani yang selalu prima serta keyakinan akan kemampuan dan kemahiran yang di miliki. SETIA :memiliki loyalitas yang tinggi baik ke atas,ke samping maupun ke bawah serta memiliki sikap mental dan jiwa yang menjunjung tinggi kebenaran dan kehormatan. JAYA: memiliki keharuman nama, penghargaan, penghormatan dan pengakuan dari keberhasilan dan kesuksesan setiap tugas yang di berikan kepadanya.
Yonif linud 432 dilengkapi unsur administrasi yang di organisir dalam struktur organisasi terdiri dari eselon pimpinan, eselon pembantu pimpinan,eselon pelayan dan eselon pelaksana agar mampu melaksanakan tugas pertempuran secara berdiri sendiri maupun sebagai bagian dari satu yang lebih besar.
Saat ini yonif linud 432 waspada setia jaya beroperasi di bawah pimpinan Letnan kolonel Infanteri Jannie Aldrin Siahaan dengan di bantu staf dan unsur Komandan bawahan melaksanakan pembinaan kekuatan personil berdasarkan TOP ROI-95 serta penggunaan kekuatan personil disusun secara efektif dan efesien untuk siap melaksanakan operasional kedaerah operasi, staf dan komandan kompi saat ini adalah sebagai berikut:
Pasi-1/lidik: Lettu Inf.A.A Gede Rama C.P
Pasi-2/ops: Lettu Inf.Faurizal Noerdin.
Pasi-3 pers:Lettu Inf.Ari Widyo.
Pasi-4/Log: Kapten Inf. R.H Manurung.
Kompi Markas: Kapten Inf Arifuddin S.Ag.
Kipan A: Kapten Inf Dani Kurnia.
Kipan B: Kapten Inf.Yudi Rombe.
Kipan C: Kapten Inf I.C.Tarigan.
Kompi Bantuan: Kapten Inf.I Djoko T.
Didalam keseharianya,yonif linud 432 selain membina personil dalam rangka kesiapan melaksanakan operasi tempur juga senantiasa melaksanakan pembinaan beladiri dan menyiapkan serta mengasah kemampuan personilnya dibidang olahraga,baik olahraga umum(oraum)maupun olahrahga Militer(oramil).Terdapat 9 beladiri diantaranya,Karate,Merpati putih,Judo,Setia hati,Taekwondo,Tinju,Kera sakti,Kung Fu Naga emas dan beladiri terbaru yaitu Yong Moodo.
RIWAYAT PENUGASAN.
a. Satuan tugas Halilintar Yonif Linud 432/WSJ di daerah Timor-Timur(Februari 1988 s.d Mei 1989).
b. Satuan tugas Kresna Yonif Linud 432/WSJ di daerah Timor-Timur(Februari 1989 s.d 1990).
c. Satuan tugas Yonif Linud 432/WSJ di daerah Timor-Timur(Desember 1991 s.d 1993).
d. Satuan tugas Yonif Linud 432/WSJ di daerah Irian jaya(Oktober 1995 s.d Desember 1996).
e. Satuan tugas Rajawali-IV Yonif Linud 432/WSJ di daerah timor-Timur(Agustus 1998 s.d 1999).
f. Satuan tugas pengamanan Jejak pendapat Yonif Linud 432/WSJ di daerah Timor-Timur (September 1999).
g. Satuan tugas pengamanan perbatasan NTT-TimorTimur Yonif Linud 432/wsj di daerah Atambua-NTT (Oktober 1999 s.d Juni 2000).
h. Satua tugas Koden Rajawali Yonif Linud 432/WSJ di daerah Aceh(April 2001 s.d April 2002).
i. Satuan tugas Kompi Rajawali Yonif Linud 432/WSJ di daerah Aceh (Mei 2001 s.d April 2002).
j. Satuan tugas Kompi Rajawali Yonif Linud 432/WSJ di daerah Aceh(April 2002 s.d April 2003).
k. Satuan tugas Koden dan Kompi Rajawali Yonif Linud 432/WSJ di daerah Aceh(Oktober 2002 s.d Januari 2004).
l. Satuan tugas pengamanan perbatasan PapuaYonif Linud 432/WSJ di daerah Papua(Irian Jaya) (September 2004 s.d Desember 2005).
m. Satuan tugas Kompi Mekanik KONGA XXIII-B/UNIFIL yang tergabung dalam pasukan perdamaian PBB di Lebanon(Nopember 2007 s.d Desember 2008).

20 komentar:

MERPATI PUTIH Cab. Kariango Yonif L- 432/Kostrad mengatakan...

maju terus....

otex mengatakan...

ahh...........

Anonim mengatakan...

saya pernah tinggal dikariango selama 2 tahun antara tahun 1986-1988. melihat ayah saya mengganti baret merah kebanggaannya menjadi hijau. bukan suatu "kekalahan", namun sebuah loyalitas tanpa batas seorang prajurit komando sejati. rumah yang kami huni dulu, tepat di pertigaan depan mako 432. terus jaya dan maju.....

ronny mengatakan...

saya dari tk sampai lulus SD 1983 ada di kariango dan sekarang tidak tau lagi keadaan disana seperti apa tapi kenangan itu tak terlupakan tinggal di asrama yg full disiplin sangat berpengaruh sampai sekarang.

yaka mengatakan...

saya juga ingin menjadi anggota kostrad memakai baret hijau roda gila!!!!!!!

Anonim mengatakan...

maju trussss junjung tinggi kepemimpinanan,,,,,,,, tetap semangat untuk mempertahankan indonesia,,,,,,,

Anonim mengatakan...

Kepada seluruh prajurit dan warga yoni 432/wsj semoga selalu diberikan perlindungan oleh Allah swt dalam tugasnya di homebase atau di medan operasi. Salam hormat untuk Komandan, para perwira, dan anggota serta keluarga (dr abdul alim, dr yon 1995-199)

ARDIMAN mengatakan...

waspada setia jaya,,,,
batalion infanteri lintas udara adalah batalion kebanggaanku,smoga saya bisa ikut bergabung menegakkan NKRI.

TOMMY SATRIA mengatakan...

saya pernah tinggal d kariango,berlatih bersama rekan2 semua d kariango adalah sebuah kebanggan buat saya.walaupun saat ini saya tdk lagi berada di kariango tetapi hati saya sll d kariango.menjadi seorang prajurit Linud adalah kebanggan buat saya pribadi..BRAVO KOSTRAD..!!

Anonim mengatakan...

linud 432 kariango sudah terkenal seperti linud 328.....maju terus...! tingkatkan profesionalisme mu...jangan gentar...terjang semua halangan.....!

Agustina mengatakan...

calon saya juga harus rela melepaskan baret merah kebanggannya dengan hijau demi bumi pertiwi

faisal fais mengatakan...

saya mencari abang - abang saya dari kesatuan rajawali yang bertugas pengamanan pos PLN lamno saat konflik di aceh........
bagi abang2 yang melihat pesan ini harap ADD nama fb saya asadi ato email asadisianeuksantri@ymail.com...
saya kangen sama abang2 saya....semoga abang2 saya masih ingat sama saya...

terimakasih...

Telik Sandi mengatakan...

Saya dulu kuliah di Unhas dan berteman dgn Kapten Herry Pribadi, Serda Irfan Nasir, Pratu Furqan dan Prada Kasman. Mereka semua dari Brigif 3/ Linud Kostrad. Saya pernah main ke asrama Serda Irfan Nasir satu kali. Dimana mereka sekarang? Terimakasih dan mohon dibalas!

Adri Js mengatakan...

Kepada seluruh Prajurit 432/WSJ, apa yang sudah di miliki tetaplah di assa dan jaga sehingga kemampuan tetap terjaga, Patung kebanggaan tetaplah dirawat. WASPADA SETIA JAYA..... Ajax Ajax Ajax Terimakasih Eks. Bati Ki-A.

Aieko Bsofyan mengatakan...

Saya lahir dikariango, umur saya 23 tahu. bapak saya prnah tugas disana, nama bapak saya abdullah nur renhoat. Saya lagi mencari keberadaan anggota TNI AD kariango yg bernama FLANSIUS KAMALAHENG. saya ingin tau kabar keberadaan atau kontak yg bisa dihubungi. Mohon bantuannya ya... Bisa hub saya di aieko.bsofyan23@gmail.com

Aieko Bsofyan mengatakan...

Saya lahir dikariango, umur saya 23 tahu. bapak saya prnah tugas disana, nama bapak saya abdullah nur renhoat. Saya lagi mencari keberadaan anggota TNI AD kariango yg bernama FLANSIUS KAMALAHENG. saya ingin tau kabar keberadaan atau kontak yg bisa dihubungi. Mohon bantuannya ya... Bisa hub saya di aieko.bsofyan23@gmail.com

Anonim mengatakan...

sangat bangga membaca komentar bapak2 semua, tapi saya ada masalah yang perlu di kekatahui untuk semua yang masuk di WEB ini, ada seseorang yang mengaku anggota LINUD / sebagai aparat, tetapi sangat di sayangkan orang tersebut sudah melakukan penipuan kepada seorang WANITA yang bernama METTA asal TANGERANG, photo dan bukti-bukti sudah saya dapatkan, orang tersebut memberikan alamat : ASMIL KOSTRAD KARIANGO SUDIRMAN, TANRALILI, MAROS- SULAWESI SELATAN atas Nama ( HARLIS NO TLP 082291616186 ). Terima Kasih.

Muh Dirham mengatakan...

Aduh bagaimanami keadaan di asrama sudah lama tidak kesana,saya lahi di sana 21 april 1996 ,nama bapak saya abd.rahman(alm) dia dulu pelatih ,mau kesana jalan" tapi nginap di rumah siapa karena mungkin penghuninya sdh orang" baru,yang mau kontek sama saya khusus nya bagi teman yang seangkatan saya pengen tau kabar kalian aku kasih id line nih (dirhank21)

By alim(nama kecil di asrama)

Anonim mengatakan...

Saya pernah menginap di kostrad kariango,saya mendengar suara siulan tengah malam di hutan dan kolam berenang,makasih

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum kakak kakak yg ada di kariango saya baru2 pulang dari kariango rasa ya berat meninggal kan asrama kostrad tapi tenang saja saya akan ke sanah 2th kedepan insyaallah untuk memeriahkan lomba kelopak 2020 tunggu aku di tahun 2020,eee maaf ya abang aksan kami tdk sempat ucapkan terimakasih waktu kami pulang,terima kasi bang aksan sudah mau terima kami di rumah bang aksan salam dari time suporter @kalukuloloa official

By @odian34 :instagram

Posting Komentar

 
Design Template By Candra KPS @ 2008